Sabtu, 29 Agustus 2015

Rencana Pengawasan Akademik



RENCANA PENGAWASAN AKADEMIK (RPA) RENCANA PENGAWASAN MANAJERIAL (RPM)
KEGIATAN SUPERVISI :  AKADEMIK

Nama sekolah                                   : SD Inpres 10/73 Tanete
Nama kepala sekolah                     : Andi Pipin Surati, S.Pd.
Alamat sekolah                                 : Kelurahan Tanete
Nama pengawas sekolah              : Drs. Suradi, M.pD.
Tahun pelajaran                               : 2015/2016
Semester                                            : Ganjil (1)
     A.      Uraian kegiatan supervisi
1.       Mengamati salah seorang guru dalam pelaksanaan pembelajaran
2.       Menanyakan tentang kekuatan dan kelemahan dalam pelaksanaan pembelajaran
3.       Memberikan kesempatan kepada guru untuk bertanya
4.       Memberikan tugas secara individu
5.       Melakukan penilaian
6.       Memberikan pembinaan dan kesimpulan
7.       Memberikan rekomendasi dan tindak lanjut
     B.      Tujuan
1.       Guru memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik
2.       Guru menyusun bahan ajar secara runtut, logis, kontekstual, dan mutakhir
3.       Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
4.       Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
      C.      Indikator Keberhasilan
1.       Tersusunnya tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik
2.       Tersusunnya bahan ajar secara runtut, logis, kontekstual, dan mutakhir
3.       Adanya kesesuaian antara tujuan pembelajaran dan bahan ajar dengan pendekatan, strategi, metode dan pembelajaran yang ditetapkan
4.       Aadanya kesesuanyan antara tujuan pembelajaran teknik penilaian yang yang digunakan
      D.      Model/Pendekatan/Teknik
1.       Model                           :  Klinis
2.       Pendekatan               :  Direktif, non direktif, dan kolaboratif
3.       Teknik                           :  Observasi, pengamatan, dan wawancara
      E.       Skenaria kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
  1



2










3.
Kegiatan awal:
-          Memberikan salam
-          Menyampaikan kegiatan supervise

Kegiatan Inti:
-          Pengawas mengamati guru dalam pelaksanaan pembelajaran
-          Pengawas mengajukan pertanyaan kepada guru yang diamati tentang kekuatan dan kelemahan selama pelaksanaan pembelajaran
-          Pengawas memberikan kesempatan kepada guru mengungkapkan pendapatnya yang berhubungan tujuan pembelajaran, bahan ajar, dan teknik penilaian
-          Pengawas memberikan tugas kepada guru secara individu dalam menyusun RPP

Kegiatan Akhir
-          Pengawas memberikan penilaian tentang tugas yang diberikan oleh guru
-          Pengawas memberikan pembinaan dan  kesimpulan setiap tugas yang dibeikan oleh guru
-          Pengawas  memberikan rekomendasi kepada kepala sekolah dan guru tentang kekuatan dan kelemahan guru

 F.  Sumber daya yang digunakan:
    
1. Pedoman perumusan tujuan pembelajaran
      2. Pedoman perumusan bahan ajar
      3. Pedoman pendekatan/metode pembelajaran
      4. Silabus dan buku pelajaran siswa
   
     G.  Penilaian dan Instrumen
      1. Penilaian                           : Individu
      2. Instrumen                        : Terlampir

     H.  Rencana Tindak Lanjut
      Tindak lanjut dilaksanakan di KKG

I.    Nama guru yang dibina:
       1.  Sultan Hamid, S.Pd.
       2.  Harlina, S.Pd.
       3.  Andi Fitriani, A.Ma.
       4.  Irvan, A.Ma.
       5.  Zulkarnain, S.Pd.


Mengetahui
Kepala sekolah



ANDI PIPIN SURATI, S.Pd.
NIP. 196004081982032006
Tanete,
Pengawas,



Drs. Suradi, M.Pd.
NIP. 196211051983061006

      J. Lampiran
     1. Jadwal kegiatan (terelampir)
     2. Surat tugas kepengawasan ( terlampir)
     3. Instrumen (terlampir)





























INSTRUMEN SUPERVISI PEMBINAAN GURU

Sekolah                                : ……………….                        Nama Guru                         : ……………….
Kelas/Semester                                : ……………….                        Hari / Tanggal                     : ……………….
Alamat sekolah                 : ……………….

No
Uraian
Skor
Perolehan
Maksimal
1
Tujuan pembelajaran yang dirumuskan sesuai indicator pencapaian, KD dalam Silabus

4
2
Tujuan pembelajaran disusun dari tingkat yang mudah ke tingkat yang sukar

4
3
Bahan ajar disusun sesuai dengan tujuan pembelajaran

4
4
Bahan ajar disusun  secara runtut, logis, kontekstual, dan mutakhir

4
5
Tugas yang diberikan siswa mengadung pertanyaan ( apa, mengapa, dan bagaimana

4
6
Kegiatan pembelajaran dalam kegiatan inti berpusat pada siswa

4
7
Teknik penilaian yang digunakan sesuai dengan tujuan pembelajaran

4
8
Strategi penilaian sesuai dengan  langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran

4
Jumlah skor perolehan


Jumlah skor maksimal
32



Kategori


Keterangan:
91 – 100                = Sangat Baik
76 – 90                  = Baik
61 – 75                  = Cukup
51 – 60                  = Kurang
      50                   = Sangat kurang

Kesimpulan :

……………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Rekomendasi :

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………

            Guru yang dinilai


             Sultan Hamid, S.Pd.
             NIP





Silahkan Download Disini
……………,……………………
Pengawas



Drs. Suradi, M.Pd.
NIP.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar